buku

Spin

SPIN - adit

Pada suatu malam di bulan Oktober, Tyler, Jason, dan Diane sedang berada di halaman Big House untuk mengamati bintang. Sesaat ada bintang di ujung binokular mereka, sesaat kemudian… langit seluruhnya gelap. Dan seterusnya hingga 30 tahun sesudahnya.

Meski jangkauan kisahnya terjadi sepanjang masa itu, tapi sama sekali nggak mengurangi Robert Charles Wilson menuturkan dengan detail kehidupan ketiga karakter utama plus tentang ‘spin’ itu sendiri. Novel ini memenangkan Hugo awards untuk novel terbaik tahun 2005 dan setelah aku baca, novel ini memang pantas mendapatkan penghargaan setinggi itu.

Ada ide besar di dalam novel ini yang dilihat dari sudut pandang dan konflik personal antar karakternya. Yang besar itu, tentang bintang-bintang yang hilang sangat mempengaruhi kehidupan Tyler, Jason, dan Diane selanjutnya. Cerita ini bukan cerita yang bahagia, bukan pula yang penuh action, tapi ketika memulai masuk ke dalamnya sulit sekali untuk berhenti membacanya.

Mereka bertiga berteman dekat. Tyler adalah anak pengurus ‘Big House’ tempat tinggal Jason, Diane, dan orangtua mereka. Meskipun Tyler berbeda sekolah, mereka bertiga sangat dekat. Hanya saja, peristiwa ‘Spin’ membuat perubahan besar dalam hubungan mereka bertiga.

Tidak hanya hidup mereka bertiga, tapi juga seluruh dunia. Meski ternyata ‘spin’ tersebut tidak mematikan, orang-orang mulai memikirkan tentang akhir dunia. Banyak yang terkena gangguan jiwa, banyak yang makin religius, banyak yang pelan-pelan terobsesi dengan ‘spin’. Itulah yang terjadi pada mereka bertiga. Jason yang mengerahkan seluruh hidupnya untuk ‘Spin’, Tyler yang menjadi seorang dokter dan akhirnya bekerja untuk Jason, dan Diane, dia yang paling jauh di antara keduanya. Diane ini bergabung ke semacam sekte atau keyakinan yang memercayai jika akhir dunia sudah dekat.

Hidup mereka yang tercerai berai itulah yang membuat cerita ini lebih menarik. Dari situ, pembaca jadi diberikan tiga sudut pandang dan situasi yang berbeda-beda dalam melihat efek Spin. Jason yang dekat dengan sisi ‘ilmiah’ Spin, memberi banyak informasi tentang apa yang sebenarnya terjadi dan apa sesungguhnya spin itu. Sementara hubungan Tyler dan Diane, memberi sudut pandang lain, dari orang-orang yang terlibat secara religius.

Ketika aku bilang ini bukan cerita action, ya nggak sepenuhnya benar juga. Banyak adegan-adegan menegangkan yang tersebar di sana-sini. Ini tentang konspirasi pemerintah, ini tentang pihak-pihak yang lebih tahu, juga tentang orang-orang yang merasa bisa memanfaatkan keadaan damai (yang sesungguhnya kacau) pasca spin.

Tentang spin sendiri, jadi satu bagian yang paling menarik buat aku dari cerita ini. Bagaimana spin akhirnya pelan-pelan terungkap. Dimulai dari pengakuan sekelompok astronaut yang berada di ISS ketika tiba-tiba mereka melihat Bumi seluruhnya gelap. Tanpa navigasi akhirnya mereka memberanikan kembali, hanya satu yang selamat dan jadi gila. Kisah ini tentang misteri-misteri yang diungkap secara perlahan.

Kuberitahu, membrane ini akhirnya terbuka. Bintang-bintang kembali muncul di langit, tapi semua berubah. Tak ada bintang yang sama seperti yang kita dan mereka kenali malam itu. Berbeda. Dan mengapa itu terjadi? Aku cuma bisa bengong ketika Jason menceritakan sebab musababnya kepada Tyler. Ide yang luar biasa. Robert Charles Wilson memberi premis yang sangat menarik dan berhasil dieksekusi dengan baik serta memuaskan!

Novel ini punya sekuel sih, tapi aku belum baca. Jika kamu belum pernah atau baru mau menjelajahi genre science fiction, Spin adalah titik permulaan yang bagus. Cerita tentang manusianya berpadu apik dan rapi dengan sisi-sisi sainsnya, serta tulisan Robert Charles Wilson ini enak banget dibaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s