buku

What If

What If

Buku ini dibuka dengan pertanyaan yang umum banget: ‘Gimana kalau Bumi berhenti berputar, tapi kondisi atmosfernya tetap sama?’.

Kamu pasti pernah memikirkan itu, kan? Jawaban paling sederhana adalah setengah Bumi bakal siang terus dan setengah sisanya bakal malam terus. Yup itu benar. Matahari akan terbit dan tenggelam setiap enam bulan sekali karena kan Bumi masih tetap berevolusi.

Tapi, tapi, Randall Munroe dengan humor dan sarkasme plus sisi geek yang jadi khasnya di xkcd.com, menjawab pertanyaan itu dengan seru, terstruktur, dan mencerahkan banget. Jadi, akan aku beri bocoran sedikit apa yang akan terjadi jika Bumi berhenti berputar: kita, di ekuator, bakal tersapu angin superdahsyat, superkencang, dan kita bakal terbang seperti butiran debu (dan mati tentunya). Tapi, semakin menuju kutub, makin mengecil anginnya, mereka yang ada di pusat penelitian Kutub Utara, malah nggak akan merasakan apa-apa, kecuali dunia yang mendadak hening.

Itu jawaban singkat sih, jawaban di bukunya yang lebih lengkap ada beberapa lembar. Hahaha.

What If ini, sesuai dengan taglinenya—memang berisi pertanyaan-pertanyaan absurd dari pembaca xkcd.com, webcomic milik Munroe. Sebagian dari pertanyaan What If sudah pernah dijawab di web tersebut, sebagian lagi hanya dijawab di buku ini. Selain itu, bukunya juga dilengkapi ilustrasi khas xkcd dan komentar yang lucu-lucu. Nggak berasa baca buku sains deh! Semenit mengerutkan kening, semenit kemudian ketawa sambil mikir-mikir ‘bener juga ya!’.

Merasa pertanyaan di awal tadi kurang absurd? Oke. Pertanyaan lainnya misalnya, ‘Gimana kalau di Palung Mariana ada lubang berdiameter 10 meter yang terbuka ke luar angkasa, seberapa cepat samudra mengering?’ (ini pertanyaan favoritku), ‘Gimana kalau hujan turun dalam satu tetes raksasa, apa yang akan terjadi?’, ‘Siapa sih manusia yang paling kesepian?’, ‘Kalau seluruh manusia di Bumi meloncat dalam waktu bersama-sama, apa efeknya?’, dan ‘Kalau seluruh umat manusia mengarahkan laser ke Bulan, kapan Bulan berubah warna?’.

Hahaha. Absurd. Tapi bisa dijawab.

Penasaran? Langsung aja beli bukunya. Aku rekomendasikan banget. Menghibur dan menambah pengetahuan sekaligus. Sayangnya belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Kamu bisa dapatkan lewat toko buku impor. Aku beli di Periplus.com, tahun lalu seharga 250an ribu (sekarang mungkin sudah 300ribu, yah begitulah nasib harga buku, naik terus!). Tapi harga segitu nggak sebanding sama isinya deh. Superabsurd!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s