Serial

Mr. Robot

mr_robot_fuck_society

Jika kamu tanya aku tentang apa Mr. Robot yang ramai dibicarakan ini, aku cuma punya satu jawaban: tentang seseorang yang ingin mengubah dunia.

Hmm… belum puas atau belum jelas? Oke. Mr. Robot ini adalah cerita tentang hacker yang berusaha melawan sebuah korporasi yang menguasai seluruh dunia. Sekarang sudah jelas, kan?

Kedengaran biasa ya. Iya, tema ceritanya memang begitu. Akan tetapi, cara penulis menceritakannya itu benar-benar bagus. Plot, karakter, dan tone cerita yang dark bikin pertarungan ini kerasa seru dan menegangkan. Bahkan kadang-kadang, terasa agak suram, juga brutal.

Elliot, yang ayahnya meninggal karena kanker akhirnya tumbuh besar dan menjadi seorang ahli komputer. Dia bekerja di sebuah perusahaan pengamanan jaringan gitu dan kliennya adalah korporasi besar tadi, E (atau setelah episode satu disebut dengan Evil). Elliot ini penyendiri, antisosial, depresi, kesepian, dan punya jadwal ketemu psikiater. Juga, seperti halnya karakter dengan sisi seperti itu, dia juga ketergantungan obat, untuk Elliot ini morphine, tapi dia juga menyiapkan penawarnya.

Suatu saat dia merasa diikuti dan akhirnya, bertemulah dia dengan Mr. Robot dan fsociety, sekelompok kecil hacker canggih. Dan akhirnya, Elliot tahu kalau rencana mereka adalah untuk menumbangkan raksasa Evil. Dari situlah segalanya dimulai.

Namun cerita Mr. Robot tidak dipenuhi dengan Elliot duduk setiap saat di depan komputer dan lupa dengan hidupnya. Dia masih harus menghadapi sahabatnya, Angela, yang selalu salah pilih pacar, kemudian tetangganya, Shayla, plus masalah Elliot dengan dirinya sendiri. Semua problema-problema itu saling berkaitan dengan kencang, sehingga kadang hampir kita nggak diberi ruang untuk bernapas. Tapi bukan berarti karakter-karakter di sini nggak diberi wadah berkembang, banyak momen-momen sederhana yang pas banget dan bisa menumbuhkan simpati untuk tiap karakter.

Kalau karakter favoritku sendiri justru bukan dari jajaran utama, justru Joanna, istri Tyrell. Entahlah, aku merasa dia sangat manipulatif, ngerti posisinya dan bisa memanfaatkan untuk meraih karier suaminya. Dia dan Tyrell sungguh partner in crime.

Meski cerita Mr. Robot ini terfokus pada Elliot, sisi kekomputeran dan hacker-nya pun menurutku cukup tersampaikan dan tergambarkan dengan baik. Memang nggak mendominasi, bahkan sebagian besar yang disampaikan cukup bisa dicerna  dan sisanya, buat yang nggak ngerti ya cuma manggut-manggut aja.

Mr. Robot ini cukup mengingatkan aku kepada Person of Interest. Hanya saja, Mr. Robot ini karena ceritanya fokus di Elliot dan paranoia yang digambarkan pada penonton, bersumber dari pribadi Elliot—Mr Robot ini nggak terlalu bikin takut. Nggak bikin khawatir. Karena fsociety ini baik, karena fokus ceritanya di mereka dan bukan pada dampaknya. Sementara Person of Interest, ketika kamu nonton dan menghayati ceritanya, kamu bakal dapat bagian dari paranoia yang ada di cerita tersebut. Tiap kamu lihat kamera pengawas, kamu akan merasa seseorang sedang memperhatikanmu. Tapi secara keseluruhan, tentunya kedua serial ini sama-sama menyajikan cerita yang memberimu sudut pandang baru dengan gayanya masing-masing.

Mr. Robot akan diteruskan ke season dua. Memang ada hal-hal yang belum selesai di season satu ini, meski aku sendiri nggak punya bayangan seperti apa cerita utamanya nanti di musim selanjutnya. Tapi, tapi, biar nggak ketinggalan obrolan, kamu harus nonton serial ini dan, dan, dan… Rami Malek sebagai Elliot, keren abis!

One thought on “Mr. Robot

  1. saya baru nonton sampe eps. 6 kalo tdk salah, dan ini menurutku versi lain dari true detective, entah dari sisi mananya, tulisan2 sampeyan detil & keren . love it🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s