anime

Code Geass: Akito the Exiled

akito

Leila Mascal dan Akito Hyuga

Akito the Exiled adalah spin-off dari Code Geass. Timeline-nya di antara R1 dan R2, tapi latar ceritanya di tengah perang antara Euro Britannia dan European Union. Meski karakter-karakter utamanya berasal dari Jepang, tapi mereka menjadi pilot knightmare untuk EU. Jadi memang ceritanya cukup berbeda, tapi masih punya darah dan pertalian dengan seri aslinya.

Nama di judul merujuk pada karakter Akito Hyuga, seorang pemuda Jepang yang jadi satu-satunya pilot knightmare dari pihak EU yang selamat dalam pertempuran di Narva. Keberhasilan itu bikin dia diangkat menjadi guard untuk komandannya, Leila Mascal. Ketika Leila berusaha meyakinkan atasannya untuk mendapatkan pasukan baru, malah di tengah jalan mereka dihadang oleh sekelompok anak muda Jepang. Dari situ, Leila malah merekrut mereka menjadi bagian pasukan wZero (w0) bersama Akito juga.

Di sisi berlawanan ada Shin Hyuga Shaing yang menginginkan skuad Order of Michael dari empat Order of Knights yang ada. Semacam pasukan khusus punya Euro-Britannia gitu deh. Di salah satu pertempuran di perbatasan, Shaing berjumpa muka dengan Akito. Dan ini, inilah momen ketika konflik utamanya bertemu.

Ternyata keduanya adalah kakak beradik. Shaing pengguna geass dan Akito terkena geass tapi bisa melawan. Kutukan itu jadi semacam kekuatan bagi Akito (tapi lebih kerasa supranatural dibanding geass pada Suzaku). Bedanya, geass pada Akito ini ‘die’, kalau dulu Suzaku kan dapatnya ‘live!’. Jadi, karena itu, Akito bersumpah akan membunuh Shaing yang ternyata (eh sepertinya) memberikan geass ke seluruh klan/keluarga Hyuga untuk bunuh diri/mati.

akito 3

Meski bagi Shaing, adiknya adalah masalah kecil. Masalah yang dia hadapi justru kehadiran Julius Kingsley dan Suzaku Kururugi! Iya, ini bagian yang kalian penggemar Code Geass bakal tunggu banget kehadirannya. Julius ini sebenarnya Lelouch yang di-geass oleh Charles dan nggak ingat siapa dirinya sebenarnya. Julius dikirim ke Euro Britannia sebagai ahli strategi dan diberi kewenangan penuh oleh bapaknya.

Pengguna geass di cerita ini bukan hanya Shaing, Lelouch/Julius, dan C.C. (yang muncul sebagai cameo di episode tiga), tapi juga Leila. Hanya saja geass Leila belum aktif. Jadi… dari itu semua mulai kelihatanlah konfliknya seperti apa.

Akito the Exiled ini terdiri dari lima episode dan sekarang baru rilis tiga, bagian empat rilis Juli lalu dan yang terakhir bulan Februari 2016. Apa yang kusampaikan di atas itu ya dari tiga episode yang sudah ada. Secara umum, ceritanya nggak serumit Code Geass. Meski karakter-karakternya kaya latar belakang dan penuh tragedi. Tapi karena waktu yang terbatas, justru perkembangan karakternya nggak terlalu terasa. Bahkan Akito yang harusnya jadi pemeran utama, kurang bersinar dibanding Shaing. Plus konflik mereka berdua yang tampaknya inti motivasi dari cerita, malah tenggelam oleh Suzaku-Julius vs Shaing. Ya, subkonflik mereka malah lebih menarik. Terutama karena aku sudah tahu banget backstory dari Lelouch dan Suzaku.

Karakter Shin Hyuga Shaing ini memang paling menarik dan menonjol di antara karakter-karakter yang baru. Bisa dibilang dia hampir sempurna sih: punya geass, jago strategi, manipulatif, plus jago pakai knightmare. Apa nggak macam gabungan Lelouch-Suzaku-Schneizel coba? Hahaha.

akito (2)

duo paling ditunggu di Akito the Exiled: Knight of Seven dan Julius Kingsley!

Padahal, dulu di Code Geass yang bikin karakter-karakternya menarik karena nggak ada yang hebat betul dan motivasinya jelas. Di Akito ini, karena episodenya sedikit kali ya, jadi langsung bikin karakter yang wah begitu. Jadi penasaran juga sih, kalau Shaing sehebat itu, apa yang menjegal langkah dia bikin Euro-Britannia merdeka dari Britannia?

Pergerakan ceritanya agak lambat. Meski di episode tiga makin menarik—itu jadi episode terbaik dari dua lainnya. Tujuan Shaing terungkap, tapi di tengah jalan dia masih ada Suzaku-Julius serta lawan-lawannya dari EU. Hanya saja, dengan sisa dua episode lagi—apa yang bisa didapat? Aku khawatir kalau subplotnya akan diselesaikan dengan terburu-buru.

Terlepas dari semua itu, yang terbaik dari seri ini adalah pertempuran knightmare-nya. Gile deh. Kalau satu jam durasi isinya hanya pertempuran antar knightmare juga aku bakal tetap nonton. Seru sih. Di pembuka episode satu juga langsung dengan pertempuran antar knightmare ini. Sayangnya belum terlalu wah, karena lawannya juga masih kerasa ecek-ecek. Episode dua punya pertempuran lebih keren dan takjub lihat knightmare-nya Shaing.

Episode tiga: LANCELOT! Iya, Lancelot! Yeah, pilot yang bagus bakal bikin adegan berantemnya tambah seru. Pokoknya semua yang Lancelot lakukan ke lawan-lawannya memesona banget deh. Adegan Shiang dan Julius malah kurang gereget karena diselip-selipin antara adegan bertarung Lancelot. Rasanya sampai mimpi pengin lihat battle terakhir antara Lancelot Albion dan Guren SEITEN dirilis ulang dalam format pertempuran di akito ini.

lancelot 6 lancelot 2

Bukan hanya seru, tapi visual adegannya juga cantik. Lancelot aja jadi kelihatan super ganteng gagah gitu, pun dengan knightmare yang lain-lain. Ditambah juga yang bikin aku menikmati adegan bertarung itu karena ukuran skala knightmare dengan lingkungan di sekitarnya terasa benar dan stabil. Plus juga, pace-nya yang cepat bikin betah banget.

Visual yang cantik itu tidak hanya untuk adegan berkelahi, tapi juga banyak adegan di episode-episode ini. Didukung dengan musiknya yang agak melankolis, membuat suasana serial ini terasa lebih mellow dan lambat. Kayak karakter-karakter di dalamnya senang banget mulai merenung ketika backsound yang lembut itu mulai berdenting, bahkan Suzaku punya adegan berdiri di luar kompartemen kereta, memandang pada kejauhan ketika dalam perjalanan ke St. Petersburg.

Cerita ini belum meninggalkan kesan mendalam padaku, aku suka dan menikmatinya, terutama untuk adegan battle-nya. Akan tetapi, yang bikin aku penasaran tentunya kelanjutan subplot Julius-Suzaku vs Shaing dan berharap Lancelot ada adegan berantem lagi! Ha!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s