komik

Code Geass: Suzaku of The Counterattack

gambar ini bikin kesan tragis ceritanya hilang. duh. haha.

gambar ini bikin kesan tragis ceritanya hilang. duh. haha.

Suzaku of The Counterattack adalah salah satu manga spin-off dari seri Code Geass. Temanya kurang lebih masih sama, tentang balas dendam Lelouch, tapi kali ini diceritakan dari sudut pandang Suzaku Kururugi. Meski temanya sama, plotnya cukup berbeda dengan kisah asli di animenya.

Awal ceritanya serupa, Suzaku tetap menjadi bagian dari Britannia, Lelouch tetap menjadi Zero dan memimpin Kuro no Kishidan. Tapi di bagian tengah, Charles vi Britannia meninggal dan Zero dituduh sebagai pelakunya. Suzaku yang bertemu C.C. pun mengetahui siapa pelaku sebenarnya, demi menolong Lelouch dan Nunnally, Suzaku pun mengorbankan dirinya sendiri.

Meski ceritanya lebih ringan dan nggak seberat anime aslinya, aku punya soft spot untuk manga ini. Mungkin karena karakter utamanya, Suzaku Kururugi, Lelouch Lamperouge, dan Schneizel el Britannia adalah karakter-karakter favoritku. Melihat ketiganya mendapat porsi utama di manga ini cukup bikin aku senang, terlebih dengan endingnya yang bittersweet dan beberapa adegan yang jadi favoritku banget.

Suzaku masih bersama Lancelot-nya di sini. Hanya saja, Lancelot di sini semacam kostum dan helmet khusus gitu, bukan knightmare frame. Suzaku masih kerja dengan Lloyd Asplund, tapi tanpa Cecile Croomy,melainkan Mariel Lubie. Juga ada Jeremiah Gottwald yang memimpin tim Britannia yang mengejar Zero. Di akademi Ashford, yang tersisa hanyalah Kallen Stadfeld (Kouzuki) dan Nunnally. Pun mereka nggak mengenal satu sama lain. Nunnally di cerita ini pun lebih ceria dan mandiri (lebih menyenangkan sih).

Yang membuat menarik dari komik ini, ugh sorry aku harus spoiler ceritanya, adalah konflik mengenai geass-nya sendiri. Justru yang menginginkan kekuatan geass adalah Schneizel, bukan Charles. Dia menangkap C.C. dan berusaha mengekstraksi kekuatannya untuk mendapatkan keabadian. Dia melakukan apa saja, termasuk mengotori tangannya sendiri dengan darah—yang sekali dua kali tiga kali bikin aku mikir, masih nggak percaya kalau Schneizel menumpahkan darah dengan tangannya sendiri. Dengan adegan sederhana yang nyaris nggak kuduga, Schneizel menundukkan Lelouch. Kenapa nggak ada yang ngelakuin apa yang Schneizel lakukan dari dulu ini sih? Hahaha.

Tapi, penghalang utama Schneizel bukan Lelouch yang berada di jalannya, melainkan Suzaku yang Suzaku banget! Suzaku yang polos dan naif, selalu mendahulukan orang lain, Suzaku yang punya keinginan sederhana: menciptakan dunia yang aman bagi Lelouch dan Nunnally. Ditambah, Suzaku tahu motif Schneizel dan selama ini Schneizel menekan Suzaku dengan kenangan tentang kematian ayahnya. Dan terjadilah hal itu… Suzaku yang bisa mengakses kekuatan geass tanpa harus punya geass.

Adegan itu, ketika Suzaku menusuk tubuh Schneizel, adegan yang sederhana sekali. Dari sisi, ekspresi wajah keduanya ketutupan rambut. Tapi itu sungguh, pada satu titik klimaks di manga itu terasa powerful dan puncak. Sesuai juga dengan tone dan situasi cerita dalam manga itu—simpel dan tegas, jauh berbeda dengan animenya yang megah.

Jadi jangan mengharapkan kisah yang rumit dan berlapis-lapis. Meski begitu, ceritanya sendiri cukup fokus dengan konfliknya dan ya, menyenangkan sekali lihat Schneizel sebagai real evil di sini, hahaha (walau sejujurnya masih kurang puas). Tapi, baik di sini atau di manga, aku selalu ngerasa karakter Schneizel yang sangat menarik ini selalu dapat ending yang kurang memuaskan. Andai saja ada spin-off khusus Schneizel!

Kalau kamu memang menyukai karakter Suzaku, manga ini menyenangkan sekali untuk dibaca dan tragis bagi Suzaku!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s