Resensi / Serial

Game of Thrones 4.4: Oathkeeper

game-of-thrones-oath-keeper

Setelah beberapa episode dipenuhi ketegangan-ketegangan, episode ini agak bisa bernapas dikit. Nggak lega juga sih, karena ini episode ‘sit and wait’. Mungkin kerasa ngebosenin, tapi semua ini diperluin sebagai bahan bakar api-api di belakang.

Jaime nerusin pelajaran pedangnya. Kemudian dengan sedikit movitasi dari Bronn dia pun nemuin Tyrion. Adegan mereka berdua ngobrol di dalem penjara ini favorit gue! Setelah itu, Jaime meminta Brienne untuk mencari Sansa Stark dan ngasih pedang dari baja Valyrian-nya untuk Brienne. Nah, dari situlah asal-usul nama Oathkepeer. Bareng Podrick, Brienne pun keluar dari King’s Landing. Agak didramatisir gitu deh pandangan mata Jaime dan Brienne waktu berpisah. Ya ya ya ya.

Masih dari King’s Landing, Margaery ujug-ujug malem-malem datang ke kamar Tommen. Gue cuma meringis. Okelah, Tommen kelihatan senang dengan itu. Tapi, kok gue malah ngerasa creepy dan si Margaery ini sungguh ganjen. Tentunya, Margaery melakukan itu bukan murni inisiatifnya sih. Jelas udah dipanas-panasin sama neneknya juga, Olenna Tyrell. Sebelumnya mereka malah udah ngobrol dan ngobrolin pembunuh Joffrey.

Hih banget!

Berkaitan dengan scene itu, di tengah lautan. Littlefinger juga nyebutin hal yang sama ke Sansa. Jadi, jelaslah siapa yang ngebunuuuuuuuhhhh Joffreeeeeey. Pret banget. Di buku sampai yang kelima cuma berkutat sama teori, eh di sini disingkap. Gue sempet bengong lama tuh.

Serta pemberitahuan kalau Littlefinger bakal nikah sama Lysa Arryn. Itu loh kakaknya Catelyin, kalau kamu lupa.

Nah, di Meeren, ya Daenerys akhirnya bisa ngebebasin pada budak dan nguasain Mereen sih. Panji-panji Targaryen pun naik di sana. Gue pikir adegan pemberontakannya bakal didramatisir gitu deh. Ternyata gitu aja.

Di utara, Jon Snow diminta pergi ke Craster’s Keep yang dikuasai mantan Night’s Watch. Nah, eh Bran dkk yang ada deket situ malah akhirnya ditangkap karena Summer yang denger tangis bayi berusaha nyari dan malah ketemu Ghost. Apa bakal ada reuni Jon sama Bran ya?

Adegan endingnya, si bayi yang anak terakhir Craster dibawa oleh White Walker ke tempat mereka. Dan ada sosok pakai baju item-item yang kemudian ngambil dia dan ngubah si bayi jadi White Walker juga. Tapi, nggak tahu deh siapa sosok itu sebenernya.

Episode ini meninggalkan kebingungan ke gue yang udah baca gue. Kayak, ini bener-bener keluar dari buku. Gue banyak bengong. Kaget dan mengerutkan kening. Ternyata nggak gue sendiri yang merasa kayak hilang arah gitu.

Episode ini disutradari oleh Michelle McLaren dan kerasa bedanya dengan episode-episode kemarin. Terutama, gimana ada satu scene ketika diambil sudut pandang si bayi. Kerasa beda sih.

Ya entah ke mana cerita ini bakal dibawa. Gue yang udah baca buku juga angkat tangan untuk mengira-ngira. Apapun bisa terjadi. Ya.

Leave a Reply

