film

Panic Room

panic_room

Jadi, aku sedang membaca novel Gone Girl karya Gillian Flynn minggu ini karena filmnya yang diadaptasi David Fincher akan rilis di NYiFF akhir September nanti. Sambil menemani baca novel, aku bakal maraton film-filmnya David Fincher, hari keempat, aku masih berkutat dengan genre thriller, kali ini Panic Room (2002) yang dibintang oleh Jodie Foster, Kristen Stewart, dan Jared Leto.

Malam itu, hari berhujan yang lain di kota New York versi Fincher. Hujan yang deras dan sepanjang malam. Sarah (Kristen Stewart) dan ibunya, Meg (Jodie Foster), sama-sama terlelap di kamar masing-masing. Hari itu jadi malam pertama mereka di rumah baru setelah ibunya bercerai dengan ayahnya yang berselingkuh dengan perempuan lain. Malam berhujan itu bertepatan dengan tiga orang yang masuk diam-diam ke rumah itu. Menurut mereka, mestinya belum ada yang menempati rumah besar tersebut. Namun, rencana mereka untuk mengambil harta yang ditinggalkan kakek dari Junior (Jared Leto), salah satu pencuri, harus tetap terlaksana.

Jadi, Burnham (Forest Whittaker) meminta jangan sampai ada korban. Sayangnya, Meg, keburu melihat keberadaan mereka bertiga dan, untungnya dia sempat menyelamatkan Sarah ke panic room. Yang justru, jadi sasaran para pencuri tersebut dan hanya bisa dibuka dari dalam, yang tentunya nggak akan dilakukan oleh Meg.

Begitu ceritanya, sesederhana itu saja. Ketika setengah jam nonton, aku sempat mikir… ini tema yang terlalu sederhana untuk David Fincher. Setelah sebelumnya pernah mengangkat tema seven deadly sins, ini jadi terasa biasa-biasa banget. Apalagi sebelum judul ini, aku sudah nonton Zodiac dan The Girl with The Dragon Tattoo juga, jadi makin kerasa biasa-biasa aja.

panic-room-1

Nggak ada motif berlapis. Nggak ada misteri yang harus dipecahkan. Bahkan karakter antagonisnya bikin… bertanya, serius David Fincher bikin karakter antagonis yang seperti ini? Setelah si John Doe yang luar biasa di Seven. Soalnya memang jauh banget sih. Karakter-karakter antagonis di sini, si pencuri-pencuri, memang jahat sih, tapi bodoh. Burnham masih lebih baik dibanding Junior dan Raoul, akan tetapi nggak maksimal jahatnya karena memang dia nggak berniat jahat. Aku merasa simpati sama Burnham sampai ke akhir, dia karakter yang paling tragis, seharusnya dia nggak berakhir seperti itu.

Ya, temanya memang biasa-biasa aja dan nontonnya nggak perlu mikir. Akan tetapi, tegangnya dapet banget! Bikin gemes ngeliat Jodie Foster yang cantik banget kucing-kucingan dengan si penjahat. Terakhir, aku mengagumi gimana cara Fincher bikin karakter Meg ini berubah, dari panik sampai akhirnya menakutkan. Cuma Fincher kan memang nggak pernah jahat-jahat banget ngerubah nasib karakter protagonisnya. Jadi, apa pun yang akhirnya terjadi sama Meg, kita tetap jatuh simpati sama dia dan merasa kalau yang dia lakukan adalah benar.

Dalam film ini, hanya ada satu setting: rumah yang ditinggali Meg dan Sarah. Panic room sendiri sebuah ruangan, kayak bunker, yang dipakai bersembunyi kalau terjadi apa-apa. Keren sih ada kayak gitu. Haha. Aku suka adegan ketika kameranya bergerak dari lantai atas ke bawah tanpa putus, cakep! Ya, sisanya sih, rasa Fincher gitu, gelap, suram, hujan, nggak segan-segan dengan adegan kekerasan. Ngilu banget pas salah satu tangan penjahatnya kejepit pintu panic room sampai jari-jarinya putus. Haha.

Panic Room ini memang popcorn movie, bisa ditonton sambil santai dan nggak mikir banyak-banyak. Nggak banyak juga kok adegan kekerasannya, masih standarlah. Nggak ada nudity juga. Pokoknya lebih safe dibanding thriller-nya Fincher yang lain (aku belum nonton The Game sih). Paling penting: ada Jodie Foster sih.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s