film / komik

Star Trek Khan #5

“It’s human nature to make yourself the hero of your own story.”

STARTREK2_Khan05_CovA

Cerita yang hilang, akhirnya kini lengkap. Bagian kelima dan terakhir dari Star Trek Khan, dari dongeng tentang bagaimana Khan bisa kembali lagi sudah lengkap.

Di bagian keempat lalu, ceritanya berakhir ketika John Harrison akhirnya ingat tentang masa lalunya. Di sini, dibeberkan apayang dia lakukan setelah ingat dan sebelum event pemboman Kelvin Memorial Archive di London.

John dengan segala kecemerlangannya dan aktingnya berhasil mendapatkan kepercayaan dari Admiral Marcus untuk bisa mengakses seluruh data di Section 31. John masih pura-pura nggak inget di depan Marcus sambil menyiapkan rencana untuk mengevakuasi seluruh krunya. Ketika ia pikir dirinya paling pintar, ternyata Marcus juga udah mengantisipasi.

John yang udah memindahkan seluruh krunya ke dalam torpedo, dia mendatangi Marcus untuk menanyakan apa yang terjadi dari sejak Marcus menemukannya sampai Jonh sadar kembali. Akhirnya, Marcus pun bercerita gimana Khan dkk. ditemukan sampai kenapa berubah penampilan. Dang! Inilah yang ditunggu-tunggu selama ini.

khan 5 1

Jadi, mengapa hal itu bisa terjadi adalah karena keputusan untuk menghapus semua data tentang Khan, nggak afdol kalau Khan dibiarkan tetap sama kayak dulu. Karena Khan ada the famous one! Akhirnya dilakukanlah operasi plastik, dipilih penampilan orang Eropa yang jauh dari ras India agar ingatan Khan ini lebih tersamarkan.Pokoknya ya diubah semua dan operasinya emang udah canggih banget–oke, tahun 2258, mungkin memang udah secanggih itu. Khan yang sempat emosi nyaris menghajar Marcus kalau nggak dua pesawat pengintai siap nembak dia. Khan pun pergi menggunakan portable transporter-nya dan berjanji kalau mereka ketemu lagi, itu akan jadi yang terakhir.

Selanjutnya balik ke masa persidangan yang kita semua tahu hasilnya. Yang bagus adalah kesimpulan dari Kirk dan Spock di akhir cerita. Cuma beberapa kalimat tapi itu ngasih gue sudut pandang manusia terhadap apa yang udah Khan lakukan. Bahwa apa yang dia inginkan sesederhana kembali bersama krunya.

Kadang-kadang manusia mikir terlalu jauh ya? Karena takut sih. Apalagi Khan memang sosok yang jauh lebih superior. Mereka takut kalau suatu saat Khan mengulang apa yang pernah dia lakukan dulu.

Nah ini juga yang menarik, karena dari kesimpulan Kirk dan Spock itu, Khan jadi sosok narator yang nggak bisa dipercaya. Sebab semua data masa lalu udah hilang, dia bisa mengarang ceritanya sendiri. Membuat dirinya tampak baik dan jadi pahlawan.

Sebelum nulis ini gue ngulang dua kali bacanya. Awalnya gue ngerasa nggak puas, ngerasa kurang. Duh, kok udah selesai aja dan kok cuma gini aja. Tapi empat halaman terakhirnya kemudian bikin gue tertegun.

Harusnya sih bagian-bagian krusial di komik ini dimasukin pada filmnya. Karena memang banyak plot hole dalam film bisa ditemukan di komik ini. Tapi ya, yang penting sekarang semuanya udah lengkap. Ngomong-ngomong, Benedict Cumberbatch dapat nominasi di Saturn Awards untuk kategori Best Supporting Actor dari perannya sebagai Khan Noonien Singh. Ah, semoga dia menang!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s