film

Zodiac

zodiac_poster

Jadi, aku sedang membaca novel Gone Girl karya Gillian Flynn minggu ini karena filmnya yang diadaptasi David Fincher akan rilis di NYiFF akhir September nanti. Sambil menemani baca novel, aku bakal maraton film-filmnya David Fincher, hari kedua aku pilih Zodiac (2007) yang diangkat dari kisah nyata pembunuh berantai di California bagian utara tahun 1960-1970an.

Naratif film ini mengikuti perjalanan Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal), kartunis di surat kabar harian San Fransisco Chronicle. Di akhir tahun 1960-an, beberapa surat kabar mendapatkan surat yang ditulis dalam kode-kode. Si pengirim meminta agar surat tersebut dimuat di harian-harian yang dikirimi, kalau tidak dia akan mulai membunuh lagi. Ya, si pengirim memang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan yang terjadi beberapa waktu sebelumnya.

Surat-surat itu tidak berhenti. Sampai akhirnya, dia memberi nama, yaitu “Zodiac”. Pembunuhan-pembunuhan juga terus terjadi. Salah satu jurnalis yang melakukan investigasi tentang Zodiac, Paul Avery (Robert Downey Jr.) terpaksa memberi umpan-umpan. Namun, karena data-data yang dia dapatkan lebih banyak dari polisi, jadinya malah dicurigai dan akhirnya dia minta untuk berhenti menginvestigasi tentang hal tersebut.

Sampai bertahun-tahun, puluhan orang yang dicurigai dilepaskan. Detektif polis David Toschi (Mark Ruffalo) juga akhirnya memutuskan untuk berhenti, tapi tanpa kasus itu ditutup, dijadikan kasus terbuka. Graysmith pun nggak berhenti, dia meminta bantuan dari Toschi dan dukungan Avery, tapi Avery menolak. Dengan klue sepotong-sepotong dari Stochi, akhirnya Graysmith bisa menemukan lebih banyak. Hingga akhirnya, dia sudah begitu dekat dengan si Zodiac….

Dalam durasi 162 menit, cerita ini dituturkan tanpa henti. Kita ngeliat jatuh bangun tiga protagonis, Graysmith, Avery, dan Toschi yang berkaitan dekat dengan kasus ini. Pada akhirnya, memang hanya Graysmith yang berhasil bertahan sampai akhir dan bisa menulis buku berjudul Zodiac.

salah satu surat berkode dari Zodiac

salah satu surat berkode dari Zodiac

Meski ketegangannya kebangun dari awal, plus ditambah misteri, di bagian tengah cerita agak renggang sedikit. Mungkin karena cerita ini berdasarkan kisah nyata, day to day, year to year. Maksudku, kalau kehidupan seseorang diceritain sehari-hari, lama-lama akan ngebosenin juga, kan? Repetitif. Untungnya sih, di film ini nggak terjebak dalam hal itu, meski nggak terhindarkan juga.

Di bagian akhir, kita di arahkan ke direksi yang berbeda. Kan, ada beberapa nama yang dicurigai. Nah, di akhir itu udah deket banget. Udah tegang, kita ikut Graysmith lari-lari takut, tapi ternyata…. Mungkin itu semacam twist sih. Meski tadi, karena ini ceritanya ngikuti hari ke hari, yang jadi twist mungkin bukan sepenuhnya twist. Karena pada akhirnya, nggak terlalu pengin tahu siapa sebenarnya si pembunuh, tapi bagaimana para protagonisnya membangun hidupnya di atas kasus yang mengubah hidup mereka dan nggak selesai.

Jake Gyllenhaal dan Mark Ruffalo benar-benar dapet meranin Graysmith dan Toschi. Mereka bikin ceritanya mengalir nggak ngebosenin. Beneran deh, Zodiac ini memang rawan ngebosenin banget kok. Meski memang alurnya seperti itu, memang rapi dan temponya seragam dari awal ke akhir.

Kamu nggak akan dapet ketegangan yang sama seperti ketika nonton Seven.  Zodiac juga nggak sesadis Seven, meski beberapa adegan masih terasa eksplisit, tapi tetep masih terlalu ramah di mata. Film ini juga nggak segelap dan sesuram Seven, lebih cerah dan berwarna, bikin meski suram, tapi tetep kerasa nggak terlalu kelam gitu lho.

Buatku, Zodiac adalah adaptasi dari buku dan kisah nyata yang cukup bagus. Menarik, terlebih kalau suka misteri dan sejarah pembunuh-pembunuh berantai kayak gini. Kalau penasaran tentang si pembunuh Zodiac ini, bisa langsung googling aja. Banyak banget tentang dia di internet, plus ada juga site yang didedikasikan ke dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s